Apa yang dimaksud dengan arus kas dalam akuntansi?

Dalam pelaporan keuangan, selain laporan laba rugi, neraca, laporan perubahan ekuitas, ada juga laporan arus kas. Apakah yang dimaksud dengan arus kas tersebut?

Add Comment
1 Answer(s)

Kegiatan perusahaan pada hakikatnya adalah perolehan dan penggunaan dana. Kegiatan tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu siklus jangka pendek dan siklus jangka panjang. Siklus jangka pendek berhubungan dengan perolehan dan penggunaan jangka pendek, yang pada dasarnya juga berhubungan dengan modal kerja.

Siklus ini dapat dilihat dari kegiatan perusahaan dalam mengubah uang tunai menjadi persediaan yang dari persediaan menjadi kas kembali. Piutang yang merupakan tahap antara yang menunjukkan hubungan dengan langganan. Siklus ini juga berkaitan dengan perolehan dana dari kreditur jangka pendek serta pembayarannya kembali.

Sebaliknya siklus jangka panjang berkaitan dengan perolehan dan penggunaan dana jangka panjang. Dalam perolehan suatu aktiva tetap misalnya akan mengakibatkan dana keluar dengan tidak diiringi masuknya dana dalam jangka waktu pendek. Hal ini berbeda dengan pembelian barang dagangan karena dalam kasus ini, pengeluaran dana akan diiringi dengan penerimaan dana dalam jangka waktu yang relatif bersamaan. Jadi siklus kegiatan jangka pendek dapat digolongkan sebagai kegiatan operasi perusahaan, sedangkan siklus kegiatan jangka panjang dapat digolongkan sebagai kegiatan investasi dan pendanaan (pembelanjaan) perusahaan.

Laporan arus kas harus melaporkan arus kas selama periode tertentu dan diklasifikasikan menurut golongan, aktivitas operasi, aktivitas investasi,  dan aktivitas pendanaan.

Untuk menentukan mana arus kas yang termasuk ketiga golongan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

 

Aktivitas Operasi (Operating Activities)

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa aktivitas operasi meliputi siklus kegiatan jangka pendek yang merupakan aktivitas penghasil utama pendapatan perusahaan. Semua transaksi yang berkaitan dengan laba yang dilaporkan dalam laporan rugi/laba dikelompokkan kedalam golongan ini.

Adapun arus kas masuk lainnya yang berasal dari kegiatan operasional misalnya:

  1. Penerimaan tunai dari langganan yang merupakan hasil dari penjualan barang dan jasa.
  2. Penerimaan tunai dari langganan yang merupakan pendapatan bunga atas piutang yang ada.
  3. Penerimaan tunai dari pendapatan deviden.
  4. Penerimaan reund (pengembalian dana) dari supplier

Arus kas keluar misalnya:

  1. Kas yang dibayarkan untuk pembelian barang dan jasa yang akan dijual.
  2. Pembyaran hutang dan bunga atas hutang-hutang perusahaan tersebut baik hutang jangka pendek maupun hutang jangka panjang.
  3. Pembayaran pajak penghasilan pada pemerintah atas keuntungan yang diperoleh perusahaan dan pembayaran kewajiban serta denda lainnya.
  4. Pembayaran gaji, juga seluruh pembayaran tunai yang tidak berasal dari transaksi investasi atau pendanaan seperti pengembalian dana kepada langganan dan sumbangan, pembayaran tuntutan di pengadilan dan lainnya.

 

Aktivitas Investasi (Investing Activities)

Aktivitas investasi meliputi siklus kegiatan jangka panjang yang mempengaruhi investasi dalam aktiva tetap, juga investasi serta pemberian dan penagihan pinjaman kepada perusahaan lainnya. Arus kas masuk terjadi bila kas diterima dari hasil atau pengubahan investasi yang dilakukan sebelumnya.

Adapun arus kas masuk dari aktivitas investasi misalnya dari:

  1. Hasil penjualan aktiva tetap dan aktiva tak berwujud serta aktiva produktif lainnya (tidak termasuk persediaan).
  2. Hasil penjualan surat berharga baik surat berharga yang merupakan investasi maupun milik sendiri sperti saham.
  3. Hasil penagihan pinjaman jangka panjang yang merupakan kegiatan investasi dan tidak termasuk bunga.

Arus kas keluar dari kegiatan ini misalnya:

  1. Atas pembayaran untuk pembelian aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud
  2. Atas pembayaran untuk pembelian investasi jangka panjang seperti saham dari entitas lain.
  3. Pemberian pinjaman pada entitas lainnya.

Aktivitas Pendanaan (Financing Activities)

Aktivitas pendanaan berkaitan dengan bagaimana kegiatan kas diperoleh untuk membiayai perusahaan termasuk biaya operasinya. Aktivitas ini mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi modal dan pinjaman jangka panjang perusahaan. Dalam hal ini arus kas masuk merupakan kegiatan mendapatkan dana untuk kepentingan/pembiayaan perusahaan. Sedangkan arus kas keluar adalah pembayaran kembali kepada pemilik dan kreditur atas dana yang diberikan sebelumnya.

Arus kas masuk dari kegiatan pendanaan misalnya adalah :

  1. Pengeluaran surat berharga berupa saham
  2. Menerbitkan surat hutang jangka panjang berupa obligasi dan wesel bayar jangka panjang.
  3. Pengeluaran hipotek dan lainnya.

Arus kas keluar misalnya :

  1. Pembayaran deviden dan pembagian lainnya yang diberikan pada pemegang saham
  2. Pembayaran atas pembelian/pemilikan kembali saham (treasury stock) dan obligasi.
  3. Pembayaran hutang pokok dana yang dipinjam kecuali bunga karena termasuk kegiatan operasi.

Kegiatan investasi dan pendanaan yang tidak menggunakan kas misalnya pembelian bangunan dengan mengeluarkan surat hutang hipotek, maka transaksi ini harus dilaporkan secara tersendiri

Answered on July 18, 2017.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.