Triple-C's Profile

114
Points

Questions
20

Answers
39

  • Asked on November 4, 2018 in Books.

    Apabila tulisan yang kita buat telah selesai, tahap terakhir yang perlu kita perhatikan dalam cara menerbitkan buku adalah pengiriman naskah ke penerbit buku.

    Saat itulah waktu yang tepat untuk menghubungi kami, Batam Publisher di Hp|Wa. 085272235888

    Selamat menulis ya Gaesss…

     

    Sekarang seluruh buku terbitan Batam Publisher sudah bisa dibeli di Google Playstore.

    Salah satu contohnya adalah buku dengan judul CATATAN tanpa AGAMA.
    https://play.google.com/store/books/details?id=_jd1DwAAQBAJ

    So.. Tunggu apa lagi Gaess.. Grab it Now..!!

    Segera terbitkan buku kamu di Batam Publisher, dan buku kamu akan bisa dibaca (dibeli) oleh seluruh penduduk planet ini.

     

    Company Profile lengkap dari CV. Batam Publisher dapat dilihat disini:

    ComPro Batam Publisher (Ukuran Besar)

    ComPro Batam Publisher (Ukuran Kecil)

    • 136 views
    • 1 answers
    • 0 votes
  • Asked on April 24, 2018 in Accounting.

    Kalau tidak salah, sudah ada peraturan terbaru tentang ini. Dan redaksinya juga sudah berubah menjadi Kantor Jasa Akuntan.

    • 286 views
    • 1 answers
    • 0 votes
  • Asked on April 24, 2018 in Books.

    Sudah..

     

    Bukunya kerennnn…

    • 427 views
    • 1 answers
    • 0 votes
  • Asked on April 24, 2018 in Services.

    Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap

    • 399 views
    • 1 answers
    • 0 votes
  • Asked on March 12, 2018 in Software.

    Kami pernah coba Videoscribe. Bisa didownload disini:

     

    http://bit.ly/2FJfIwk

     

    Mudah-mudahan bermanfaat.

    • 348 views
    • 1 answers
    • 0 votes
  • Asked on December 6, 2017 in Accounting.

    Aset Biologis dimiliki oleh perusahaan agrikultur, aktivitas agrikultur sendiri adalah manajemen transformasi biologis dan panen aset biologis oleh entitas untuk dijual atau untuk dikonversi menjadi produk agrikultur atau menjadi aset biologis tambahan. Transformasi biologis terdiri dari proses pertumbuhan, degenerasi, produksi dan prokreasi. Kelompok aset biologis adalah penggabungan dari hewan atau tanaman hidup yang serupa. Perkembangan perusahaan agrikultur di Indonesia meningkat, hal ini ditandainya peningkatan terhadap aktivitas ekspor. Kemudian apa arti dari aset biologis itu sendiri?Dalam IAS 41 menyebutkan bahwa aset biologis merupakan “Biological asset is a living animal or plant”. Aset biologis merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh perusahaan agrikultur dan merupakan aset yang unik karena dapat mengalami proses pertumbuhan, degenerasi, produksi dan prokreasi bahkan setelah aset biologis tersebut sudah menghasilkan output. Aset biologis seringkali secara fisik melekat pada tanah sebagai contoh adalah pepohonan di dalam hutan.

    Kemudian apakah aset biologis dapat diukur? Bagaimana? Aset biologi diukur pada saat pengakuan awal dan diukur dengan nilai wajar yang diukur berdasarkan nilai aset biologis pada pasar aktif, namun jika tidak terdapat pasar aktif penilai aset biologis dapat diukur berdasarkan harga pasar terkini, harga pasar untuk aset biologis yang sejenis ataupun dengan harga pasar yang menjadi nilai patokan dari aset biologis dalam sektor agrikultur Jika tidak dapat ditemukan harga pasar yang memastikan nilai aset dari aset biologis, maka nilai arus kas bersih yang diharapkan dari aset setelah didiskotokan dengan tarif pajak yang berlaku Dan jika tidak terdapat nilai aset yang tidak dapat diandalkan maka harga perolehan dapat dijadikan sebagai nilai dari aset biologis setelah dikurangi dengan akumulasi penyusutan dan akumulasi kerugian lainnya.

    Setelah aset biologi tersebut dapat diukur, lantas pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah Bagaimana Pengakuannya dalam Laporan Keuangan? Aset biologis sendiri hanya dapat diakui hanya jika perusahaan mengendalikan aset biologis tersebut sebagai hasil dari tranksaksi masa lalu yang memungkinkan untuk memperoleh hasilnya di masa depan yang akan mengalir ke dalam perusahaan dan mempunyai nilai wajar atau biaya aset dapat diukur secara andal. , Dalam aktivitas agrikultur sendiri, pengendalian dapat dibuktikan dengan kepemilikannya terhadap aset biologis itu sendiri. Terdapat asumsi bahwa nilai wajar dari aset biologis dapat diukur secara andal, namun asumsi tersebut dapat dibantah hanya pada saat pengakuan awal aset biologis yang harga kuotasi pasarnya tidak tersedia dan yang alternatif pengukuran nilai wajarnya secara jelas tidak dapat diandalkan.

    Dalam laporan keuangan aset biologis dapat diakui sebagai :

    aset lancar, jika masa manfaat kurang dari atau sampai dengan satu tahun

    aset tidak lancar, jika masa manfaat lebih dari satu tahun

    Dalam Akuntansi maka aset biologis dapat dicatat atau dijurnal, bagaimana jurnalnya?

    Berikut adalah ilustrasinya :

    PT XYZ bergerak dalam bidang pertanian, dalam bulan maret ini PT XYZ membeli 100 bibit pohon jeruk dengan harga Rp. 3.000.000, dan juga membeli pupuk seharga Rp. 1.000.000 dengan membayar biaya gaji pegawai Rp. 1.000.000 serta menggunakan pupuk senilai Rp. 500.000 dan jika pohon jeruk tersebut sudah siap berbuah, maka asumsi nilai aset tersebut adalah Rp. 6.000.000.

    Dari ilustrasi diatas bagaimana pencatatan atau jurnal atas tranksaksi tersebut?

     

    Untuk mencatat pembelian bibit, maka :

    Aset dalam pengembangan Rp. 3.000.000

    KasRp. 3.000.000

     

    Untuk mencatat pembelian pupuk, maka :

    Persediaan-PupukRp. 1.000.000

    KasRp. 1.000.000

     

    Untuk mencatat gaji tenaga kerja, maka :

    Aset dalam pengembangan Rp. 1.000.000

    KasRp. 1.000.000

     

    Untuk mencatat penggunaan pupuk, maka :

    Aset dalam pengembanganRp. 1.000.000

    Persediaan-PupukRp. 1.000.000

     

    Untuk mencatat penggunaan pupuk, maka :

    Aset berproduksiRp. 6.000.000

    Aset dalam pengembanganRp. 6.000.000

     

    Demikian adalah pengenalan hingga pencatatan akuntansi untuk aset biologis, jadi dapat disimpulkan bahwa aset biologis merupakan aset yang dimiliki oleh perusahaan agrikultur yang mempunyai keunikan karena dapat bertransformasi, dan dapat diukur disajikan dan dapat dicatat sebagai tranksaksi dalam akuntansi.

    • 467 views
    • 1 answers
    • 0 votes
  • Asked on December 6, 2017 in Science.

    Sampel yang terlalu kecil dapat menyebabkan penelitian tidak dapat menggambarkan kondisi populasi yang sesungguhnya. Sebaliknya, sampel yang terlalu besar dapat mengakibatkan pemborosan biaya penelitian.

    Salah satu metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah menggunakan rumus Slovin (Sevilla et. al., 1960:182), sebagai berikut:

    n = N / 1 + N (e)^2

    dimana

    n: jumlah sampel

    N: jumlah populasi

    e: batas toleransi kesalahan (error tolerance)

    Untuk menggunakan rumus ini, pertama ditentukan berapa batas toleransi kesalahan. Batas toleransi kesalahan ini dinyatakan dengan persentase. Semakin kecil toleransi kesalahan, semakin akurat sampel menggambarkan populasi. Misalnya, penelitian dengan batas kesalahan 5% berarti memiliki tingkat akurasi 95%. Penelitian dengan batas kesalahan 2% memiliki tingkat akurasi 98%. Dengan jumlah populasi yang sama, semakin kecil toleransi kesalahan, semakin besar jumlah sampel yang dibutuhkan.

    Contoh:

    Sebuah perusahaan memiliki 1000 karyawan, dan akan dilakukan survei dengan mengambil sampel. Berapa sampel yang dibutuhkan apabila batas toleransi kesalahan 5%.

    Dengan menggunakan rumus Slovin:

    n = N / ( 1 + N e² ) = 1000 / (1 + 1000 x 0,05²) = 285,71 » 286.

    Dengan demikian, jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 286 karyawan.

    • 396 views
    • 1 answers
    • 0 votes
    • 448 views
    • 1 answers
    • 0 votes
  • Asked on October 18, 2017 in Science.

    Arti “kaya” bagi banyak orang bisa saja berbeda-beda. Sama dengan cara orang memandang “sukses”.

    Mungkin semua kitaakan percaya bahwa tidak ada manusia yang ingin hidup miskin dan sengsara. Semua menginginkan hidup kaya, bahagia, dan sejahtera. Namun kenyataannya, jumlah orang miskin jauh lebih banyak daripada orang kaya.

    Apakah sulit menjadi orang kaya? Apakah perlu pendidikan yang tinggi hingga meraih gelar profesor? Atau mesti berkunjung ke dukun sakti meminta ajian atau resep kaya? Apakah kita tidak bisa menjadi kaya dengan cara halal dan harus melakukan korupsi serta tindak kejahatan seperti yang ditayangkan televisi?

    Menjadi kaya memerlukan waktu dan proses, yang dikerjakan secara penuh disiplin dan komitmen tinggi. Tetapi, jangan pernah bermimpi menjadi kaya secara cepat atau instan, ya.

    Menjadi kaya pun bukanlah akhir dari sebuah pencapaian, melainkan sebuah titik yang akan terus bergerak. Misalnya, sekarang ukuran kaya bagi Anda adalah memiliki uang sebesar Rp 1 miliar. Begitu Anda sudah memiliki uang Rp 1 milyar tersebut, ukuran Anda akan meningkat lagi menjadi Rp 5 miliar atau bahkan lebih. Jadi, ukuran kekayaan Anda akan terus berubah seiring dengan pencapaian tersebut.

    Maka dari itu, “Define your definition about rich”. Apa definisi Anda tentang kekayaan? Apakah memiliki rumah mewah ukuran 1.000 meter di Pondok Indah dan mobil Audi A8 keluaran terbaru sudah kaya? Atau harus memiliki uang tunai sebesar Rp 25 miliar? Atau Anda rasa memiliki rumah sederhana ukuran 200 meter di kota Ambarawa yang sejuk dan kebun yang tidak terlalu luas serta sedikit tabungan sebesar Rp 500 juta sudah Anda anggap kaya?

    Definisi yang anda buat tidak akan sama dengan sahabat atau saudara Anda. Kaya sangat relatif dan rentang kekayaan seseorang sangat panjang, mungkin dimulai dengan Rp 100 juta hingga Rp 25 triliun. Mungkin biaya hidup Anda cukup dengan Rp 10 juta per bulan, tetapi bagi orang lain bisa jadi membutuhkan Rp 250 juta per bulan. Semua berpulang kembali kepada cara dan gaya hidup masing-masing.

    Menurut Webster dan Oxford Dictionary, arti kaya adalah memiliki banyak harta atau properti, tetapi menurut Robert T Kiyosaki, kaya adalah memiliki passive income (pendapatan tanpa bekerja karena uang mereka yang bekerja) yang nilainya lebih besar daripada biaya hidup sehingga tanpa bekerja pun, seseorang atau sebuah keluarga dapat tetap menjalani kehidupan dengan standar yang sama (layak).

    Jadi, sebelum Anda melangkah dan mencapai kekayaan, silakan mencari makna dan definisi kaya bagi diri Anda sendiri. Apa arti kaya bagi Anda? Apakah Anda sudah merasa kaya? Apa ukuran (dasar) kaya bagi Anda? Ingat, ukuran orang lain jangan Anda pakaikan pada diri Anda!

     

    Menurut majalah Forbes, orang kaya adalah mereka yang sekurang-kurangnya mempunyai penghasilan 1 juta dolar amerika setahun.

    Robert T. Kiyosaki mengatakan bahwa orang kaya tidak diukur dari berapa besar active income. Orang disebut kaya apabila passive income-nya lebih besar daripada biaya hidup.

    Anthony Robbins membaginya dalam 6 tahap:

    1. Financial Protection, suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai cukup uang untuk memenuhi pengeluaran bulanan minimum, untuk 2 bulan sampai 24 bulan tanpa harus bekerja.
    2. Financial Security, suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan di bawah ini tanpa harus bekerja lagi, kecuali bila kita memilih untuk bekerja. Kebutuhan tersebut adalah: angsuran rumah, biaya makan, biaya listrik, gas dan air, biaya transportasi, biaya asuransi dan pajak.
    3. Financial Vitality, suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman. Selain dapat memenuhi kebutuhan pada Financial Security, juga dapat memenuhi kebutuhan pendidikan anak, hiburan dan membeli barang mewah yang masuk akal.
    4. Financial Independence, suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan hidup kita persis dengan gaya hidup hidup kita saat ini. Dengan kata lain, kita bebas tidak bekerja.
    5. Financial Freedom, suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan kita dengan gaya hidup yang kita inginkan.
    6. Absolute Financial Freedom, suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman dan karena itu kita yakin bahwa kita bisa melakukan secara nyata apapun yang kita inginkan, kapanpun yang kita inginkan, kemanapun yang kita inginkan, dengan siapapun yang kita inginkan, sebanyak dan selama yang kita inginkan.

     

    Pak Tung dalam bukunya membahas bagaimana kaya dengan cepat dan aman, yaitu:

    1. Memiliki keyakinan yang benar dan bulat untuk menjadi kaya.
    2. Menentukan tujuan yang jelas dan mantap.
    3. Yakin agar kita mampu mencapai tujuan.
    4. Merasa harus menjadi kaya.
    5. Memiliki strategi-strategi yang terbukti membantu kita jadi kaya dengan cepat dan aman.
    6. Mengetahui dan menggunakan jalur yang alamiah dan mudah bagi kita.
    7. Membuat rencana yang realistik.
    8. Melakukan tindakan sesuai dengan rencana.
    9. Melakukan monitor dan peka.
    10. Bertanggung jawab untuk terus belajar dan bertindak.

    (dikutip secara bebas dari buku Financial Revolution, Tung Desem Waringin)

    • 330 views
    • 1 answers
    • 0 votes
  • Asked on October 18, 2017 in Science.

    Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas

    Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademi. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi dapat disebut sebagai mahasiswa.

    Tetapi pada dasarnya makna mahasiswa tidak sesempit itu. Terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah Perguruan Tinggi hanyalah syarat administratif menjadi mahasiswa, tetapi menjadi mahasiswa mengandung pengertian yang lebih luas dari sekedar masalah administratif itu sendiri.

    Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan. Betapa tidak, ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar. Pengertian mahasiswa tidak bisa diartikan kata per kata, Mahasiswa adalah Seorang agen pembawa perubahan. Menjadi seorang yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh suatu masyarakat bangsa di berbagai belahan dunia.

    Sebagai mahasiswa berbagai macam sebutanpun disandang, ada beberapa macam sebutan yang melekat pada diri mahasiswa, diantaranya:

    1. Direct Of Change, mahasiswa bisa melakukan perubahan langsung karena SDMnya yg banyak
    2. Agent Of Change, mahasiswa agent perbahan,maksudnya sdm2 untuk melakukan perubahan
    3. Iron Stock, sumber daya manusia dari mahasiswa itu ga akan pernah habis.
    4. Moral Force, mahasiswa itu kumpulan orang yg memiliki moral yg baik.
    5. Social Control, mahasiswa itu pengontrol kehidupan sosial, contoh mengontrol kehidupan sosial yg dilakukan masyarakat.

    Namun secara garis besar, setidaknya ada tiga peran dan fungsi yang sangat penting bagi mahasiwa, yaitu:

    1. Peranan moral, dunia kampus merupakan dunia di mana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau. Disinilah dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing sebagai indidu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat.
    2. Peranan sosial. Selain tanggung jawab individu, mahasiswa juga memiliki peranan sosial, yaitu bahwa keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya.
    3. Peranan intelektual. Mahasiswa sebagai orang yang disebut-sebut sebagai insan intelek haruslah dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata. Dalam arti menyadari betul bahwa fungsi dasar mahasiswa adalah bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik dengan intelektualitas yang ia miliki selama menjalani pendidikan.
    • 502 views
    • 1 answers
    • 0 votes